Sabtu, 28 November 2009

Blueberry


Blueberry adalah tanaman berbunga dalam genusVaccinium, bagian Cyanococcus. Spesies ini tumbuh diAmerika Utara[1]. Berupa semak yang ukurannya mulai 10 cm hingga 4 m; spesies terkecil dikenal sebagai "bluberry semak rendah" (sama dengan "liar"), dan spesies terbesar adalah "blueberry semak tinggi".Daunnya berganti atau hijau sepanjang tahun, ovatehingga lanceolate, dan mulai 1-8 cm panjangnya dan lebar 0.5-3.5 cm. Bunganya berbentuk bel, putih, merah atau merah muda pucat, terkadang kehijau-hijauan.

ASAL

Semua spesies yang nama umum Inggrisnya meliputi "blueberry" dikelompokkan dalam bagian Cyanococcusdari genus Vaccinium. Beberapa tanaman lain dari genusVaccinium juga memproduksi beri biru yang terkadang mirip dengan blueberry, terutama bilberry Eropa(Vaccinium myrtillus), yang dalam banyak bahasa memiliki nama yang berarti "blueberry" dalam bahasa Inggris.

Meskipun bluberry adalah tumbuhan asli di Amerika Utara, mereka juga tumbuh di Belahan Selatan di Australia, Selandia Baru dan negara-negara Amerika Selatan, dan dikirim melalui udara sebagai produk segar untuk pasar-pasar di seluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar